PELATIHAN SISTEM ADMINISTRASI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI DESA LENTENG TIMUR KECAMATAN LENTENG KABUPATEN SUMENEP
Pelatihan sistem administrasi manajemen pelayanan publik di desa lenteng timur kecamatan lenteng kabupaten sumenep

PELATIHAN SISTEM ADMINISTRASI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI DESA LENTENG TIMUR KECAMATAN LENTENG KABUPATEN SUMENEP

Fungsi pemerintahan adalah melayani dan melindungi masyarakat. Aparat perangkat desa di Pemerintah Desa memegang posisi strategis dalam melayani dan melindungi publik. Bentuk perlindungan bisa diwujudkan melalui layanan cepat, mudah, murah, tidak birokratis, dan tepat waktu. Salah satu upaya untuk mewujudkannya, berhubungan dengan penyelenggaraan adminsitrasi desa serta pelayanan kepada masyarakat secara prima yang dilaksanakan dalam kegiatan pemerintah desa sehari-hari, seperti dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), serta pelayanan administrasi yang lain (3). Dalam kegiatan pelayanan, dirasa masih kurang tertib administrasi serta terdapat beberapa titik masih kekurangan dalam kinerjanya. Permasalahan tersebut seperti belum rapinya pengadministrasian berkas pengajuan seperti KK, KTP dan beberapa berkas dasar lainnya. Kemudian masih adanya pola lama

Oleh karena itu Tim Pengabdian dari Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas wiraraja yang terdiri dari Dwi listia Rika Tini, Nur Inna Alfiyah dan Imam Hidayat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Lenteng Timur Kecamatan Lenteng dengan mengusung tema “Pelatihan Sistem Administrasi Manajemen Pelayanan Publik Di Desa Lenteng Timur Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep”.

Kegiatan yang dilakukan oleh tim pengabdian dilakukan dengan 2 tahap. Tahap 1 yang dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2023 yaitu mremberikan sosialisasi dengan metode ceramah untuk membuka wawasan dan pemahaman tentang pelayanan prima dan manajemen pelayanan publik serta pengetahuan dan pelatihan tata tertib kearsipan dan kerapian data desa. Tahap 2 yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2023 yaitu Pelatihan dan pendampingan tata kelola arsip  kependudukan. berupa penataan dan penyimpanan serta Memberikan pendampingan pembukuan atau administrasi persuratan yang dilakukan secara digital dengan mendatangkan narasumber ya ng ahli dibidangnya.

Melalui kegiatan pengabdian ini para peserta (1) memiliki pengetahuan terkait  Pola Penyelenggaraan Pelayanan Publik serta  Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik; (2) dapat mengelola sistem administrasi dengan baik dan benar serta memanfaatkannya sebagai upaya peningkatan pelayanan publik; (3) meningkatkan kemampuan aparat desa untuk mengelola sistem administrasi dengan berbasis digital. Keberhasilan kegiatan PKM  tersebut dapat dibuktikan dari hasil penilaian para peserta yang berjumlah 15 orang dalam hasil pretest, nilainya dari 40 sampai dengan 65 dengan nilai rata-ratanya 55, untuk hasil posttest, nilainya dari 85 sampai dengan 95 dengan nilai rata-ratanya 92 persen.

Hasil pelatihan yang dilakukan tersebut, para peserta mendapat penilaian sangat baik seperti diperlihatkan pada gambar diatas. Kemampuan peserta semenjak dari awal pelatihan baik dan mampu mengikuti hingga akhir pelatihan. Dari hasil penilaian tersebut secara monitoring dan evaluasi maka peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh mitra sangat baik.