Beberapa hari yang lalu Universitas Wiraraja masuk berita di media cetak harian Surabaya Post tanggal terbit 29 April 2012 mengenai target Unija untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Target Unija menjadi PTN didukung oleh Bupati Kabupaten Sumenep Bapak A. Busyro Karim dan civitas akademika Universitas Wiraraja. Di media cetak tersebut juga dijelas upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Pihak Yayasan Arya Wiraraja, serta pihak dari Universitas Wiraraja dalam mempersiapkan Unija Sumenep menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Mohon do’a restu dari masyarakat Kabupaten Sumenep untuk mewujudkan Universitas Wiraraja menjadi PTN di Kabupaten Sumenep. Semoga target ini dapat tercapai secepatnya.

SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep, yang berada diujung timur Pulau Garam Madura terus berupaya menggali potensi. Saat ini, dibawa kepemimpinan Bupati A Busyro Karim menargetkan mempunyai sebuah perguruan tinggi negeri.

“Saya menginginkan di Sumenep ada perguruan tinggi negeri. Dan yang telah dipersiapkan yakni Universitas Wiraraja (Unija),” kata Bupati Sumenep, A Busyro Karim, Minggu (29/4).

Keinginan orang nomor satu ini, juga disampaikan dibeberapa kesempatan. Bahkan, pemerintah daerah mempersiapkan lahan 30 hektar untuk memenuhi persyaratan sebuah perguruan tinggi negeri.

“Lahan 30 hektar akan diserahkan ke Unija untuk persyaratan sebuah perguruan tinggi negeri. Tahun ini dalam proses pembebasan 70 hektar. 30 hektare diantaranya untuk Unija,” tegasnya.

Bupati juga mohon doa dan dukungannya dari semua lapisan masyarakat Sumenep. Sebab, kebutuhan sebuah perguruan tinggi negeri sudah sangat urgen seiring dengan luas dan geografis Sumenep yang mempunyai banyak pulau. “Potensi Sumenep sudah cukup untuk memiliki sebuah perguruan tinggi negeri,” tandasnya.

Sementara, Rektor Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Alwiyah mengaku siap Unija dijadikan sebuah perguruan tinggi negeri. “Pihak yayasan dan rektorat serta seluruah civitas akademik sudah siap Unija dijadikan perguruan tinggi negeri,” terangnya.

Bahkan, pihak yayasan sudah menandatangani dokumen persyaratan Unija dijadikan negeri. Sebab, aset dan sumber daya manusianya otomatis harus diserahkan. “Dari sisi program study (Prody), juga telah ada 9. Tinggal satu prody lagi yang masih dalam proses. Kalau sudah lengkap menjadi 10 prody, maka sudah siap menjadi perguruan tinggi negeri,” urainya.

Saat ini, Unija mempunyai luas lahan 3 hektar dengan jumlah mahasiswa hampir 3.000 yang berasal dari berbagai pelosok desa dan kota. Tipe agreditasi pun mayoritas kategori B. “Dari kemampuan dan potensi yang ada, Unija juga telah meraih Anugerah Kampus Unggul dilingkungan Kopertis wilayah 7 Jawa Timur,” katanya.

Dia optimis, Unija akan segera menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Meski diakui membutuhkan proses, namun dengan bantuan Unair Surabaya, maka proses menuju perguruan tinggi negeri akan tercapai. “Unija akan dibantu oleh tim dari Unair Surabaya. Nah! dengan bantuan semua pihak, maka Sumenep akan memiliki perguruan tinggi negeri,” pungkasnya.

Persiapan Menuju PTN

  • Lahan 30 hektare
  • Menandatangani dokumen persyaratan Unija dijadikan negeri
  • Ada 9 program study (tinggal menambah 1 prodi)
  • Akreditasi B
  • Pernah meraih Anugerah Kampus Unggul dilingkungan Kopertis wilayah 7 Jatim
[:id]UNIJA DIPERSIAPKAN MENJADI PTN[:en](English) UNIJA DIPERSIAPKAN MENJADI PTN[:]
Rate this post

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *