[:en]

Pukul 07.00 WIB pagi, Seluruh civitas akademika universitas wiraraja sumenep telah bersiap didepan gedung baru kampus cemara untuk melakukan upacara pembukaan peringatan hari bumi se-dunia bersama MAPALA WIRASTA dengan tema “bersih bumiku” serta dilanjutkan pemberian komitmen pada Mohamad Harun Pembantu Rektor I, jumat, 24 April 2015.

Mapala1

Kebersihan adalah hal sangat penting jika kebersihan terwujud maka lingkungan dikampus cemara akan terlihat indah dan bebas dari penyakit. “diharapkan kegiatan ini bisa merubah pola pikir seluruh civitas akademika agar selalu menjaga kebersihan lingkungan kampus” kata Saro’ Ketua UKM MAPALA WIRASTA.

Tidak hanya menjaga kebersihan saja tapi mencegah polusi udara juga dilakukan oleh UKM pecinta alam ini. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh UKM MAPALA WIRASTA universitas wiraraja sumenep “Atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita Coba kita bertanya pada Rumput yang bergoyang” jelas Dedy Arfiyanto, Pembantu Rektor III saat memberikan sambutan. Ia juga menambahkan, Tidak hanya kebersihan saja tapi kita harus menjaga, merawat dan melestarikan alam.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Ditjen Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri RI dengan Universitas Wiraraja Sumenep mengenai pembentukan Pusat Studi Asean (PSA) yang dihadiri oleh Direktur Jendral Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri RI, I Gusti Agung Weseka Puja dan Irjen Kemenlu RI, Ibnu Said. Penandatangan pembentukan pusat studi Asean bertempat di Graha Sumekar kampus Cemara, Senin, 1 Juni 2015.

PSA telah terbentuk di 14 Perguruan Tinggi. Ada 2 Perguruan Tinggi Swasta yaitu Universitas Wiararaja Sumenep dan satu perguruan tinggi di Jakarta sedangkan di Jawa Timur ada 3 perguruan tinggi salah satunya yakni kampus Cemara. “Saya bangga adanya studi Asean di Madura yang hanya ada di Unija” kata Alwiyah, Rektor Unija.

Ia juga memaparkan, Dari Awal Universitas Wiraraja Sumenep selalu siap menghadapi persaingan di pasar bebas Asean tapi dengan adanya PSA ini kampus Cemara bisa lebih cepat mendapatkan informasi sekecil apapun, “PSA tidak hanya dibentuk tapi harus ada penyatuan dari 14 Perguruan Tinggi lainnya serta dukungan dari semua pihak” tambahnya.

Direktur Jendral Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri RI, I Gusti Agung Weseka Puja “keuntungan adanya PSA ini merupakan kerjasama tidak hanya didalam negeri tapi juga diluar negeri serta bisa mengispirasi agar membuat riset yang diharapkan di Asean” katanya. Ia juga menyampaikan “satu hal yang ingin saya sampaikan, Ajukan lamaran untuk magang di kementrian luar negeri dan itu gratis”. Ini merupakan peluang untuk para mahasiswa yang ada dikampus cemara.

[:]

(English) UKM MAPALA WIRASTA, BERSIH BUMIKU
Rate this post

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *