Dalam rangka ikut serta mewujudkan tujuan pendidikan nasional khususnya tujuan pendidikan tinggi, Unija telah menyusun RIP (2014-2024) sebagai rencana jangka panjang berdasarkan fase pengembangan yang telah ditetapkan Unija yang dijabarkan lebih lanjut dalam rencana program lima tahunan yang disebut dengan RENSTRA (2014-2019).

Secara umum pelaksanaan dan pengembangan pendidikan di Unija mengacu pada RENSTRA dan RIP. Pengembangan jangka panjang Universitas Wiraraja (Unija) diarahkan menjadi UBER pada tahun 2034 sampai tahun 2044. Dalam RENSTRA Unija tahun 2014 – 2019 fase atau tahapan yang harus dicapai adalah fase PERKASI yang merupakan penjabaran dari RIP Unija Tahun 2014 – 2024 menuju Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki tata kelola baik atau Good University Governance (GUG), mandiri dan berdaya saing.

Untuk periode 2014-2019, tiga tujuan pengembangan lembaga dijabarkan ke dalam sasaran umum dan sasaran strategis yang lebih terukur. Ketiganya menggambarkan kondisi Unija yang ingin dicapai pada akhir tahun 2019. Sasaran umum pengembangan Unija terdiri atas tiga hal berikut :

Kode Sasaran Umum
SU.1 Terwujudnya Good University Governance (GUG) pada tahun 2019.
SU.2 Terwujudnya sivitas akademika yang memiliki kemampuan hard skill dan soft skill untuk kepentingan bangsa pada tahun 2019.
SU.3 Terwujudnya PT yang mandiri dan berdaya saing pada tahun 2019.

Ketiga sasaran umum tersebut dijabarkan ke dalam sasaran strategis pengembangan Unija 2014-2019 sebagai berikut :

Kode Sasaran Strategis
ST.1 Terwujudnya kemampuan organisasi dan kepemimpinan institusi sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pendidikan tinggi yang baik.
ST.2 Terwujudnya peningkatan pembiayaan dan pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip proporsional, transparan, dan akuntabel untuk meningkatkan kualitas Sarpras, dan sistem informasi.
ST.3 Meningkatnya jumlah pendapatan di luar dana dari mahasiswa.
ST.4 Berkembangnya unit-unit usaha yang dikelola oleh Universitas.
ST.5 Terwujudnya kehidupan masyarakat akademis yang kondusif, professional, dan mandiri yang berkualitas, sehat, transparan, demokratis, dan berjiwa kewirausahaan.
ST.6 Terwujudnya proses penyelenggaraan akademik melalui perbaikan kurikulum, metode, dan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang akademik/hard skill dan non akademik/soft skill, serta network.
ST.7 Terjalinnya kerjasama di berbagai bidang dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri, untuk meningkatkan mutu pelaksanaan Tridharma PT, dan mutu pelayanan pendidikan tinggi di Unija.
ST.8 Tersusunnya RIPEL berbasis PIP untuk menghasilkan penelitian yang berdaya saing dan berkonstribusi nyata kepada masyarakat serta lembaga/insitusi baik pemerintah maupun swasta di tingkat regional, nasional, maupun internasional melalui dukungan tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, praktisi, alumni, organisasi masyarakat, dan pemerintah untuk meningkatkan kapasitas institusi.
ST.9 Terwujudnya SDM (mahasiswa, karyawan dan dosen) yang berkualitas melalui sistem rekruitmen, pembinaan dan pengelolaan yang baik untuk meningkatkan komitmen menuju PT yang mandiri dan berdaya saing.
ST.10 Terwujudnya jaringan alumni yang kokoh.
ST.11 Tersedianya Sarpras pendidikan tinggi yang memadai, berkualitas, dan merata di semua unit kerja untuk mendukung penyelenggaraan Tridharma PT yang bermutu dan berdaya saing.
ST.12 Terciptanya brand image yang baik bagi institusi dalam meningkatkan daya saing pendidikan nasional sesuai dengan UU.
ST.13 Tercapainya 100% Prodi terakreditasi B pada tahun 2019.
ST.14 Tercapainya Akreditasi Institusi dengan nilai B pada tahun 2019.
ST.15 Tercapainya 25% tenaga pengajar bergelar Doktor dan 2% tenaga pengajar dengan jabatan akademik Guru Besar pada tahun 2019.

Dalam rangka ikut serta mewujudkan tujuan pendidikan nasional khususnya tujuan pendidikan tinggi, Unija telah menyusun RIP (2014-2024) sebagai rencana jangka panjang berdasarkan fase pengembangan yang telah ditetapkan Unija yang dijabarkan lebih lanjut dalam rencana program lima tahunan yang disebut dengan RENSTRA (2014-2019).

Secara umum pelaksanaan dan pengembangan pendidikan di Unija mengacu pada RENSTRA dan RIP. Pengembangan jangka panjang Universitas Wiraraja (Unija) diarahkan menjadi UBER pada tahun 2034 sampai tahun 2044. Dalam RENSTRA Unija tahun 2014 – 2019 fase atau tahapan yang harus dicapai adalah fase PERKASI yang merupakan penjabaran dari RIP Unija Tahun 2014 – 2024 menuju Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki tata kelola baik atau Good University Governance (GUG), mandiri dan berdaya saing.

Untuk periode 2014-2019, tiga tujuan pengembangan lembaga dijabarkan ke dalam sasaran umum dan sasaran strategis yang lebih terukur. Ketiganya menggambarkan kondisi Unija yang ingin dicapai pada akhir tahun 2019. Sasaran umum pengembangan Unija terdiri atas tiga hal berikut :

Kode Sasaran Umum
SU.1 Terwujudnya Good University Governance (GUG) pada tahun 2019.
Kode Sasaran Umum
SU.2 Terwujudnya sivitas akademika yang memiliki kemampuan hard skill dan soft skill untuk kepentingan bangsa pada tahun 2019.
SU.3 Terwujudnya PT yang mandiri dan berdaya saing pada tahun 2019.

Ketiga sasaran umum tersebut dijabarkan ke dalam sasaran strategis pengembangan Unija 2014-2019 sebagai berikut :

Kode Sasaran Strategis
ST.1 Terwujudnya kemampuan organisasi dan kepemimpinan institusi sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pendidikan tinggi yang baik.
ST.2 Terwujudnya peningkatan pembiayaan dan pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip proporsional, transparan, dan akuntabel untuk meningkatkan kualitas Sarpras, dan sistem informasi.
ST.3 Meningkatnya jumlah pendapatan di luar dana dari mahasiswa.
ST.4 Berkembangnya unit-unit usaha yang dikelola oleh Universitas.
ST.5 Terwujudnya kehidupan masyarakat akademis yang kondusif, professional, dan mandiri yang berkualitas, sehat, transparan, demokratis, dan berjiwa kewirausahaan.
ST.6 Terwujudnya proses penyelenggaraan akademik melalui perbaikan kurikulum, metode, dan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang akademik/hard skill dan non akademik/soft skill, serta network.
ST.7 Terjalinnya kerjasama di berbagai bidang dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri, untuk meningkatkan mutu pelaksanaan Tridharma PT, dan mutu pelayanan pendidikan tinggi di Unija.
ST.8 Tersusunnya RIPEL berbasis PIP untuk menghasilkan penelitian yang berdaya saing dan berkonstribusi nyata kepada masyarakat serta lembaga/insitusi baik pemerintah maupun swasta di tingkat regional, nasional, maupun internasional melalui dukungan tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, praktisi, alumni, organisasi masyarakat, dan pemerintah untuk meningkatkan kapasitas institusi.
ST.9 Terwujudnya SDM (mahasiswa, karyawan dan dosen) yang berkualitas melalui sistem rekruitmen, pembinaan dan pengelolaan yang baik untuk meningkatkan komitmen menuju PT yang mandiri dan berdaya saing.
ST.10 Terwujudnya jaringan alumni yang kokoh.
ST.11 Tersedianya Sarpras pendidikan tinggi yang memadai, berkualitas, dan merata di semua unit kerja untuk mendukung penyelenggaraan Tridharma PT yang bermutu dan berdaya saing.
ST.12 Terciptanya brand image yang baik bagi institusi dalam meningkatkan daya saing pendidikan nasional sesuai dengan UU.
ST.13 Tercapainya 100% Prodi terakreditasi B pada tahun 2019.
Kode Sasaran Strategis
ST.14 Tercapainya Akreditasi Institusi dengan nilai B pada tahun 2019.
ST.15 Tercapainya 25% tenaga pengajar bergelar Doktor dan 2% tenaga pengajar dengan jabatan akademik Guru Besar pada tahun 2019.