Share this:

Universitas Wiraraja Sumenep telah berhasil menyelenggarakan seminar nasional pada tanggal 27 Februari 2016 di Gedung Graha Sumekar Universitas Wiraraja Sumenep. Seminar yang mengasung dengan tema “Bioethanol Production From Cellulosic Materials” ini di ikuti oleh dosen-dosen Universitas Wiraraja, guru-guru Kabupaten Sumenep, mahasiswa, dan panitia. Hadir sebagai pemateri adalah Prof. Dr. Tsutomo Morinaga selaku Director of International Centre, prefectural University of Hiroshima Japan. Nampak hadir pula sebagai moderator yaitu Dr. Yuli Witomo, S.T., MP yang merupakan Dekan Fakultas Tekhnologi Pertanian Universitas Jember. Acara ini diselenggarakan sebagai kunjungan Profesor dari Universitas Hiroshima Jepang.

Dalam acara itu Prof. Dr. Tsutomo Morinaga mengatakan, “Begitu besar potensi-potensi disekitar kita. Dari jepang sebenarnya miskin akan potensi sumber daya alam dan dari segi ekonomi pun sangat terbelakang tahun 1945, pada saat itu Jepang dibom oleh sekutu yang kita kenal dengan Bom Hiroshima. Sehingga tanah-tanah di Jepang tidak subur dikarenakan terkena radiasi bom. Namun masyarakat Jepang terus berpandangan lurus dan apa yang didepan mereka adalah potensi yang dijadikan peluang, sehingga menjadi Negara yang diperhitungkan oleh negaralain, baik dalam pengembangan tekhnologi pertanian”, ujarnya.

Rektor Universitas Wiraraja Sumenep yaitu Ibu Hj. Alwiyah, SE., MM dalam sambutannya sebagai nomor satu di kampus Unija ini menyampaikan, “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Yuli selaku Dekan Fakultas Tekhnologi Pertanian Universitas Jember yang sudah berkenan mau membawa Prof. Dr. Tsutomo Morinaga dari Jepang. Kami pun berharap ini bukan menjadi yang pertama dan terakhir, tetapi kami berharap kedatangan Prof. Dr. Tsutomo Morinaga bisa menjadi kerjasama. Kehadiran Profesor bisa memberikan sebuah inspirasi atau ide kepada masyarakat khususnya mahasiswa untuk menggali potensi-potensi sumber daya alam disekitarnya”. Seluruh rangkaian kegiatan seminar ini diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada mahasiswa UNIJA. (AINI)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *