Share this:

Pemanfaatan sumber daya alam khususnya batu kapur atau yang disebut dengan batu karang yang sudah diproduksi di wilayah Kabupaten Sumenep menjadi sirtu (pasir batu) sehingga bahan tersebut dapat dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan paving block. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan paving block di Kabupaten Sumenep dengan harga murah dan memenuhi kuat tekan yang diisyaratkan melalui penelitian mencari pengaruh komposisi campuran terhadap kuat tekan paving block. Campuran sirtu dalam penelitian ini nantinya dicampur dengan pasir hitam dengan prosentase campuran aggregat sebesar 30% pasir hitam dan 70% pasir serbuk batu pecah (sirtu). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh komposisi campuran paving block terhadap kuat tekan dan penyerapan paving block serta mengetahui komposisi campuran paving block yang mempunyai kuat tekan maksimum.

Penelitian ini merupakan penelitian percobaan yang akan dilakukan di laboratorium, rancangan penelitian untuk mencari komposisi antara jumlah kadar semen dengan pasir, rancangan penelitian ini dilakukan terhadap 5 perlakukan. Analisis data penelitian menggunakan analisis frekuensi dan analisis regresi linier.

Komposisi campuran paving block berpengaruh signifikan terhadap kuat tekan dan penyerapan air paving block. Kuat tekan mempunyai hubungan negatif dengan komposisi campuran paving block, maka semakin meningkat komposisi campuran kuat tekan akan semakin menurun. Penyerapan air mempunyai hubungan positif dengan komposisi campuran paving block, maka semakin meningkat komposisi campuran penyerapan air akan semakin meningkat. Komposisi campuran paving block yang mempunyai kuat tekan maksimum berada pada komposisi campuran 1Pc : 2Ps dengan kuat tekan paving block sebesar 252,63 Kg/cm2.

By. Dwi Deshariyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *