JAKARTA – Secara umum, banyak orang lebih memilih kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) ketimbang di perguruan tinggi swasta (PTS). Selain biayanya lebih murah, kampus negeri juga dipercaya lebih berkualitas dan punya pengajar yang handal.

Jangan salah, dalam beberapa hal ternyata kuliah di PTS lebih menguntungkan, lho. Dilansir dari Teen Life, berikut ini lima alasan yang menyebabkan orang ingin kuliah di kampus swasta.

1. Mahasiswa kampus swasta komitmen untuk belajar

Mahasiswa di kampus swasta cenderung fokus pada pendidikan untuk mencapai masa depan setelah lulus. Peraturan di kampus biasanya tidak terlalu teknis, sehingga mereka bisa fokus mengejar akademis.

2. Kampus swasta punya kelas yang lebih kecil

Rata-rata kampus negeri memiliki kelas yang besar. Artinya, setiap sesi kuliah akan diikuti oleh banyak mahasiswa. Sedangkan di kampus swasta, ukuran kelas umunya lebih kecil daripada di PTN. Hal ini membuat kuliah lebih efektif.

3. Banyak kesempatan di kampus swasta

Tak hanya di PTN, mahasiswa juga bisa meraih banyak pengalaman di PTS. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler bisa dipilih sesuai dengan minat masing-masing mahasiswa. Bahkan, dengan mengikuti kegiatan tertentu, mahasiswa mampu berkesempatan melakukan pertukaran ke luar negeri.

4. Kampus swasta menjawab kebutuhan pendidikan tertentu

Sejumlah program studi yang sulit ditemukan di kampus negeri tersedia di PTS. Selain itu, ditawarkan pula beragam kurikulum sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

5. Fasilitas lengkap

Meski biayanya jauh lebih mahal, kampus swasta menjamin para mahasiswanya untuk mendapatkan fasilitas yang lengkap dan memadai. Teknologi yang diterapkan di PTS juga tidak kalah mutahir ketimbang di PTN. Hal ini tentu menguntungkan bagi para mahasiswanya, terutama untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar.

 

sumber : okezone.com

Ini Nih, 5 Keuntungan Pilih Kuliah di Kampus Swasta
Rate this post

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *