Share this:

[:en]

Berdasarkan pengalaman saat masa-masa kuliah saya sekitar 4 tahun yang lalu, yang dimana saya masih kurang tau bagaimana prosedur di kampus. mulai dari pendaftaran, KRS dan lain-lain.

1. Jangan lewatkan hari pendaftaran mata kuliah untuk mendapatkan kelas yang kamu inginkan atau perlukan. Ini sangat penting! Kehidupan kampus berbeda dari sekolah menengah. Kamu bertanggung jawab atas jadwal dan prioritasmu.

Kenapa?
kalau kalain suka datang terlambat maka kalian harus terima konsekuensinya. Yaitu menerima sisa-sisa kelas.

2. Jangan hanya bergaul dengan mahasiswa satu tingkat lain. Cari kakak kelas yang sudah memiliki pengalaman mengambil mata kuliah yang sama dengan kamu. Dari situ kamu bisa belajar tentang cara mengatur kehidupan kuliah.

Kenapa?
Karena kalau tidak seperti itu kalian akan bingung sendiri dan akhirnya ya tambah bingung lagi.

3. Jangan pergi ke kelas dengan penampilan berantakan seperti baru bangun tidur. Meskipun kampus tidak membuat aturan berpenampilan, terlihat seperti baru saja turun dari tempat tidur akan membuat lingkungan sekitar kurang menghargai kamu. Berpakaianlah dengan kasual namun tetap rapi.

Kenapa?
Masa kalian gak malu sebagai mahasiswa baru terlihat lusuh dan begitulah. Gimana mau punya teman banyak. iya kan???

4. Jangan melewatkan kesempatan untuk berpartisipasi di berbagai kegiatan organisasi kampus karena pengalaman itu akan memperkaya dirimu.

Kenapa?
Ini penting buat membangun jiwa leadership dan kerjasama tim (penting saat masuk masa kerja). namun harus INGAT Jangan terlampau aktif terlibat karena kamu bisa-bisa tidak punya cukup waktu untuk kepentingan diri sendiri. Cobalah hadir di pertemuan-pertemuan pertama kegiatan organisasi dan baru pilihlah yang kamu suka.

5. Jangan menghabiskan seluruh waktu kamu dengan main social media, misal facebook, Twitter, Path dll.

Kenapa?
Carilah aktifitas yang lebih berguna, misalnya membuat dan menulis blog pribadi.

6. Jangan takut untuk duduk di samping teman sekelas yang belum kamu kenal. Kamu mungkin merasa adalah orang yang pemalu dan belum berani untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Menjadi anak kuliah berarti sudah saatnya kamu bersikap proaktif.

Kenapa?
hal itu bisa ningkatin kualitas kalian dan pastinya juga nilai kalian. Kalian bisa buktikan hal tersebut.

7. Jangan lupa untuk mempergunakan fasilitas yang menjadi hakmu sebagai pelajar. Kampus menawarkan banyak fasilitas gratis seperti konsultasi akademik gratis, hiburan, ruangan, dll.

Keanapa?
Masa sudah bayar mahal-mahal tapi tidak memanfaatkan fasilitas yang ada

8. Jangan menyimpan karya akademikmu di alat elektronik yang berisko. Kehilangan thumbdrive, laptop yang bermasalah bisa membuat kamu gagal menyerahkan tugas tepat waktu. Pakailah Google docs (GDocs) atau DropBox atau Box dll sebagai cadangan (back-up) sehingga karya akademikmu aman.

Kenapa?
Kalian g mau kan kehilangan file yang penting

9. Jangan terburu-buru membina hubungan asmara (jika kamu lajang), atau menghabiskan terlalu banyak waktu mengkhawatirkan tentang pacar kamu di sana atau di negara lain. Tahun pertama di kampus akan menyita perhatianmu. Jadi berhati-hatilah untuk tidak terlarut dalam hal-hal yang mungkin akan menghambat kamu sukses dalam hal akademik.

Kenapa?
jawab sendiri ya

10. Banyak-banyak minta doa kepada orang tua. Itu sangat penting bagi kehidupanmu.

(http://methodmetode.blogspot.co.id/)

[:]

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *