Terik matahari begitu menyengat di langit kampus cemara, wajah-wajah sumringah penuh hangat terlihat jelas membahana, tiap fakultas tengah bersiap-siap untuk memeriahkan pembukaan Dies Natalis Universitas Wiraraja Sumenep yang ke-31. Tepat pada pukul 02. 00 WIB siang hari 04/09/2017 kemarin. Nampak mahasiswa dari berbagai fakultas sudah memadati tempat acara dengan berada dibelakang garis pembatas masing-masing. MC yang dipandu oleh 2 mahasiswa Duta Kampus, membuka acara ulang tahun kampus yang berjuluk “Pencetak Cendekiawan Madura” secara khidmat. Pertama, dimeriahai oleh penampilan drumband  SMA 2 Sumenep, grup drumband yang beranggotakan siswa tersebut menampilkan aksi yang membuat jagat kampus berkaca-kaca dengan tabuhan alat masik yang mampu menumbuhkan rasa semangat berkarya.

Universitas yang terletak di ujung timur pulau madura ini sudah menginjak usia yang ke 31 tahun, didirikan atas kebutuhan masyarakat  sumenep dan madura lebih luasnya bakal memasuki babak baru selepas menyandang status sebagai kampus terbaik se-Madura dari 329 PTS di Jawa Timur. Lanjut,  drum band start dari arah utara secara perlahan mengikuti formasinya serentak ke arah selatan, dari arah selatan lalu drumband berbalik kembali ke arah utara, disusul kemudian parade para peserta lomba dimulai,  di dahului oleh fakultas ilmu Sosial dan Politik diarak bergantian dengan fakultas lain, yang membuat menarik dan nampak sisi meriahnya, di setiap fakultas ketika parade menampilkan pertunjukan dihadapan semua civitas akademika, tepatnya dihadapan jajaran petinggi kampus.

Euforia Dies Natalis kali ini sangat berbeda, disepanjang bulan agustus dan september gunjingan mahasiswa lebih-lebih fakultas menjadi buah bibir yang jadi pembicaraan utama, rasanya fakultas dilingkungan kampus Cemara kian tercium setelah beberapa minggu lalu panitia kegiatan berserta Ormawa menggelar rapat persiapan acara tersebut. Acara yang digelar tahunan ini mengusung tema “Meningkatkan Daya Juang Dalam Rangka Membentuk Jati Diri Yang Berkualitas “.

Tidak hanya dari kalangan mahasiswa yang berpartisipasi parade itu, juga menambah suasana ramai yang menggelegar di atas tumpukan paving rapi didepan gedung fakultas Ekonomi dan FISIP, rektorat I dan II tak kalah saing, mereka memberikan kesan lebih kreatif, terutama rektorat II, yang menyuguhkan “Can Macanan” dan Onta. Sontak gelak tawa terbuncah dengan sendiri, saking lucunya, oleh sebab mereka juga terdiri dari jajaran karyawan dan dosen yang sudah senior “Tua”. Nyaris para hadirin yang mayoritas adalah mahasiswa  terikut oleh suasana riang namun meyakinkan dari agenda superbesar kampus ini. Gelak tawa civitas ademika buyar dan berganti sorak gembira serta tepuk tangan setelah usai sambutan dari Pimpinan Universitas membuka  Dies Natalis “Bismillahirahmanirrahim”, acara ini kami buka, ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Agenda besar ini resmi dibuka. Harapan besar dari pimpinan kampus, bahwa semarak perlombaan bukan hanya untuk meraih kemenangan semata, namun sejauh mana kontribusi berupa karya dan lainya jadi patokan utama pada kampus ini. “Yang kita cari bukan kemenangan, namun yang harus kita pikirkan adalah bagaimana kontribusi yang kita berikan.” Terang Pembantu Rektor I Mohammad Harun, ST.,MT disela sambutannya kepada semua pihak. (Rifand LPM)

EUFORIA DIES NATALIS KE-31 UNIVERSITAS WIRARAJA SUMENEP
4.7 (93.33%) 3 votes

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *