Share this:

[:en]

DAMPAK yang terjadi akibat kabut asap membuat mata Anda menjadi kering. Namun, dengan banyak berkedip, Anda dapat mencegah bahaya itu.

Dijelaskan Menteri Kesehatan Prof Nila F Moeloek SpM, paparan asap cepat menimbulkan iritasi pada mata. Namun, kelopak mata kita memiliki keajaiban untuk menangkal debu.

“Mata kita punya kelopak mata yang bisa melindungi, terutama kalau kena debu kecil saja bisa berkedip. Ini juga dapat mencegah mata kering,” ucap Menkes Nila saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/10/2015).

Mata kita memiliki komponen mukosa yang mengandung sel yang dapat mengeluarkan lendir. Begitu juga dengan kornea mata yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas penglihatan.

Kalau mata terlalu sering berkedip, kualitas air mata juga tidak akan terganggu. Hanya jumlahnya saja menjadi berkurang kalau kita tidak membiasakan mata untuk berkedip.

“Air mata kita ada tiga lapis seperti kue. Ada lapisan lemak, lapisan berair, dan lapisan mukosa. Kalau terganggu, air mata akan jatuh dan jumlahnya berkurang,” terang dia.

Namun Menkes Nila tetap berharap kepada masyarakat yang telah terpapar kabut asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan, tetap mencegah terjadinya mata kering. Umumnya, masalah ini rawan dialami oleh lansia.

“Agar mata tidak kering harus banyak teteskan obat mata yang dianjurkan,” simpul Menkes Nila ramah. (Okezone.com)

[:]

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *